Treatment Cara Mengkristalkan Kerikil Akik Dengan Segera

Batu akik yang telah mengkristal pastinya akan menciptakan harga jual-nya kian tinggi . Namun , untuk dapat mengkristalkan batu akik diharapkan treatment tertentu guna merangsang kemajuan dan perubahaan pada struktur mineral pembentuk kerikil. Dalam dunia kerikil mulia , ada beberapa treatment sederhana memakai materi tradisional yang biasa digunakan oleh gemslover dunia dalam merawat kerikil menjadi lebih indah . Berikut beberapa tata cara sederhana yang mampu anda gunakan untuk mengkristalkan batu akik .

Cara Mengkristalkan Batu Akik
Pengrajin watu mulia via Google.co.id

Mengkristalkan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode Heat Treatment ( Pemanasan )

Heating treatment ialah suatu teknik dengan memanfaat suhu tinggi dalam mengganti struktur mikro pada mineral agar mempunyai performa yang lebih baik  . Selain untuk mengkristalkan batu akik , heat treatment juga dipakai untuk mengubah warna sampai menetralisir inklusi alami atau senyawa pengotor pada watu akik .

Simak juga : Cara Mengkristalkan Batu Akik Sungai Dareh

Pada jenis permata berlian dan safir , perawatan ini kadang kala digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan warna dan inklusi yang terdapat pada watu , sehingga warna pada kerikil berlian akan lebih keluar . Adapun hasil perubahaan warna pada berlian dikala sudah mengerjakan proses heat treatment mampu berubah menjadi warna kuning kebiru-biruan , hijau kekuningan , dan lain-lain .

Cara Merawat Batu Akik Dengan Bara Api
Tungku Tradisional Pemanasan Batu Safir di Myanmar via Quora.com

Perawatan dengan memanfaatkan suhu panas dianggap ialah treatment alami untuk mengembangkan kualitas dari batu permata . Hal ini ialah proses lanjutan yang terjadi di bumi ketika kerikil pertama kali di bentuk . Selama perawatan tersebut , batu akan mendapatkan suhu yang sangat tinggi sekitar 1600 Celscius . Hal ini akan menjadikan inklusi , komponen kimia , dan senyawa pengotor lainnya untuk berkembang menjadi mengganti dirinya dengan segera .

Sehingga akan terjadi perubahan warna pada kerikil yang lebih gelap , lebih ringan , atau juga mendapatkan warna yang berbeda . Contohnya saja yakni jenis Blue Safir yang telah menerima treatment tersebut . Biasanya akan tampakpergantian seperti warna yang lebih baik dan kejernihaan watu . Para pengerajin yang ada di kamboja , telah biasa melakukan hal tersebut .

Selain itu yaitu jenis kerikil Ruby . Ruby ( Merah Delima ) yaitu salah satu jenis batu permata yang paling sering mendapatkan perawatan dengan memanfaat panas . Proses treatment batu ruby dengan memanfaatkan panas maksudnya yakni mendapatkan struktur kekristalan watu . Saat watu ruby berada pada titik leleh , memungkinkan regenerasi tampilan baru pada kandungan aluminium oksida yang ada pada kerikil tersebut . Hal ini juga memungkinkan kromium yang terkandung pada watu bergabung dengan atom yang berlawanan , sehingga membentuk warna merah yang lebih baik . Hasil dari perawatan dengan mempergunakan panas api bersifat permanen dan tidak mampu diubah .

Batu Akik Mengkristal
Gambar Batu Feldspar Sebelum dan Sesudah Perawatan Via Gia.edu

Pada ketika ini gemslover indonesia lebih mengenal perumpamaan heat treatment dengan sebutan Smoke Procces atau Mengasapi Batu ( Memanggang Batu Dibawah Bara Api ) . Jenis Black Opal Kalimaya yakni salah jenis watu yang sering menerima perlakukan heat treatment . Selain menggunakan proses heat treatment , anda juga dapat menggunakan tata cara perendaman dengan cairan tertentu . Simak juga ulasan berikut terkait Cairan Yang Digunakan Untuk Merawat Batu Akik